Cara Mengeringkan Teripang Laut

By | 01/08/2016

Cara Mengeringkan Teripang Laut

Teripang laut binatang yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kehidupan manusia rupanya harus kita perlakukan secara khusus. Agar kualitasnya dapat terjaga dan dapat di simpan dalam waktu yang lama. Pada waktu kali ini kami akan membahas cara mengeringkan teripang laut.

Cara Mengeringkan Teripang Laut

Beberapa prosedur untuk mendapatkan teripang laut yang baik dan berkualitas maka kita perlu menyiapkan beberapa hal seperti berikut: 

Apa saja peralatan untuk mengeringkan teripang laut? berikut kami sampaikan

  • Pisau

Pisau yang digunakan sebaiknya yang berukuran seimbang dengan teripang agar lebih mudah dan cepat. Gunakan juga pisau yang anti karat dan memiliki ujung yang runcing.

  • Tempat penampungan teripang

Penampungan Teripang dapat menggunakan bak plastik yang mempunyai sekat-sekat. karena hal ini dapat meningkatkan kualitas teripang kering. Anda dapat menggunakan bak plastik ini selama teripang berada dalam perjalanan.

  • Tempat mencuci teripang

Untuk mencuci teripang laut disarankan untuk tidak menggunakan tempat yang berkarat, anda dapat menggunakan bahan lain seperti fiberglass, almunium atau plastik.

  • Tempat untuk merebus teripang

Bahan yang digunakan sama seperti bahan lain yaitu anti karat anda dapat menggunakan almunium atau bahan sejenis. ukuran disesuaikan dengan jumlah teripang laut.

  • Tempat Pengasapan

Untuk hal ini anda harus memiliki Alat pengasapan yang berada di dalam ruangan atau dalam lemari pengasapan. Mengingat jika pengasapan teripang laut dilakukan diluar ruangan hal ini mengurangi keefektifan proses.

  • Tempat Pengeringan

Ada dua jenis cara mengeringkan teripang, pertama jika cuaca panas anda bisa memanfaatkan matahari sebagai sumber panas. Namun jika cuaca tidak bersahabat anda sangat disarankan untuk memiliki alat pengering. Jarak antara tanah dan tempat pengeringan dapat diatur dengan ketinggian sekitar 1,5 meter.

Cara Mengeringkan teripang laut

Setelah alat-alat siap, maka hal yang harus diperhatikan berikutnya ialah cara penanganan yang baik. Agar teripang yang kita olah baik adakalanya kita harus menjaga betul kadar kekeringan nya karena teripang ini termasuk binatang yang mudah menyerap air. 

  • Seleksi dan penanganan bahan

Teripang laut hidup disarankan diambil dari perairan yang tidak tercemar. Salah satu habitat binatang ini yaitu di dasar laut, yang dimana akan tingginya kadar logam berat seperti timbal (Pb), merkuri (Hg),  dan kadmium (Cd).

Untuk menemukan teripang laut ini bisanya dilakukan dengan cara menyelam ke dasar laut dan menangkapnya langsung dengan tangan. Hindari Penangkapan menggunakan tombak, hal ini dapat merusak teripang, membuat teripang mati, dan teripang laut cepat membusuk.

Sebaiknya teripang jaga agar tetap hidup sampai ke tempat pengeringan, jika ada teripang yang sudah mati segera proses pembuangan isi perut dan rendamlah di air laut yang bersih.

  • Pembersihan teripang

Pada proses ini sangat diharapkan anda dapat membuang isi perut teripang dengan hati-hati agar teripang yang dihasilkan mempunyai kualitas baik.

Dengan cara membelah bagian perut dengan mengikuti garis yang berada pada tubuhnya, lalu cuci bagian dalam perut hingga tiada kotoran yang tersisa. Gunakan lah air yang bersih dan mengalir, agar teripang terjaga selalu kebersihan nya.

  • Perebusan

Dalam proses perebusan diharapkan dapat menghasilkan teripang yang bertekstur kenyal dan dapat membunuh semua bakteri-bakteri yang tersisa. Caranya yaitu dengan melakukan perebusan selama waktu kurang lebih 30 menit.

Segera tiriskan teripang yang sudah direbus agar siap pada proses selanjutnya yaitu pengasapan.

  • Pengasapan

Selanjutnya proses pengasapan yang dimana diharapkan dapat mengurangi kadar air yang terkandung dan dapat memberikan harum teripang yang khas. Diperlukan kayu yang tetap agar wangi yang didapatkan memiliki ciri khas. Pengasapan ini dilakukan dalam waktu yang cukup lama yaitu 10 sampai 20 jam dengan suhu sekitar 60-80 derajat cellcius. 

  • Pengeringan

Karena proses pengasapan pada teripang belum maksimal, maka proses pengeringan diharapkan mengurangi kadar air hingga 20%. Proses ini dilakukan dengan cara menjemur teripang dengan sinar matahari, Dibutuhkan waktu yang lama yaitu sekitar 2 sampai 3 hari sesuai dengan kondisi cuaca.

Apabila cuaca sedang hujan maka anda dapat menggunakan alat pengering yang khusus, dengan alat pengering juga waktu yang dibutuhkan relatif singkat namun memakan waktu yang cepat.

  • Penyimpanan

Tempat penyimpanan biasanya gudang yang memiliki kondisi yang baik, dengan sirkulasi udara yang lancar dengan suhu temperatur yang terjaga. Teripang laut yang sudah diproses sedemikian rupa selanjutnya dikemas dalam plastik besar, lalu disimpan rapi pada rak-rak penyimpanan agar tidak langsung mengenai lantai.

 

Itulah beberapa informasi tentang cara mengeringkan teripang. Begitu mahal nya hewan laut ini sehingga mendapat perlakuan khusus. Namun di balik itu semua anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dari teripang laut ini. Adapun manfaat teripang telah kami bahas pada laman berikut Manfaat Teripang Laut 

Baca juga :

Penyebab Jerawat

Obat ISPA

Jeruk nipis dan kecap untuk terapi batuk

Gejala ISPA pada dewasa dan bayi

Cara mencegah penyakit ISPA

Cara Mengeringkan Teripang Laut

post by : http://qnc-jellygamat.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *