Cara Merawat Kuku Kaki yang Rusak

By | 31/05/2017

Cara Merawat Kuku Kaki yang Rusak

Cara Merawat Kuku Kaki yang Rusak,- Kuku menjadi bagian estetika tubuh yang tidak dapat dipisahkan dari penampilan seseorang. Namun tak jarang, sebagian orang justru malu menampakkan kuku kakinya karena berbagai masalah, salah satunya adalah kuku yang rusak. Kuku yang rusak, terutama kuku kaki, disebabkan oleh jamur kuku (onikomikosis) dan merupakan masalah yang cukup banyak terjadi.

Cara Merawat Kuku Kaki yang Rusak

Kaki merupakan bagian tubuh manusia yang sering kali lupa untuk diperhatikan. Padahal sebenernya kaki juga membutuhkan perawatan agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan. Bagian kaki yang rentan terkena masalah adalah kuku kaki. Banyak orang mengalami masalah kuku kaki karena kurang menjaga kebersihan diri sendiri sehingga muncul jamur atau lebih parahnya terkena infeksi karena virus atau bakteri. Kuku kaki juga bisa menjadi rusak ketika terluka pada bagian tersebut. Biasanya luka karena tertimpa sesuatu atau terjepit. Bahaya cat kuku pun bisa menyebabkan kuku bermasalah. Cat kuku palsu bisa mengandung bahan kosmetik yang berbahaya.(baca juga : cara menghilngkan kpaln dikaki)

Menurut dr. Rani, munculnya jamur di kaki lantaran penggunaan sepatu yang tertutup dalam waktu yang cukup lama. Dengan demikian, kaki menjadi basah dan lembab. Karena, kaki berkeringat dan bergesekan dengan kaus kaki. Akibatnya, aroma tak sedap pun akan muncul jika terkontaminasi dengan bakteri. Ia juga menambahkan, faktor lainnya yang dapat menimbulkan jamur kuku ialah adanya trauma atau pernah luka pada kuku.

Berikut ini Ciri-ciri kuku yang tidak sehat lainnya yaitu :

  • Kuku tidak mengkilap
  • Warna kuku keruh, tidak cerah
  • Kuku menjadi tebal

Oleh karena itulah, kuku kaki lebih rawan kerusakan dibandingkan dengan kuku tangan. Anda tentu bisa mengaplikasikan perawatan kuku kaki rusak yang akan penulis paparkan berikut ini agar kesehatan dan keindahan kuku kaki Anda tetap terjaga. Mari kita sama-sama membahas tentang cara merawat kuku kaki yang rusak ini dan bagaimana mencegahnya.

Tips Cara Merawat Kuku Kaki yang Rusak

Hindari Pemakaian alas kaki yang sesak

Kuku kaki yang rusak sebaiknya menghindari sejumlah alas kaki tertutup terutama yang berukuran kecil atau sesak. Hal ini dikarnakan, kuku kaki yang rusak bisa menjadi infeksi jika anda paksa masuk kedalam alas kaki tersebut. Untuk sementra anda bisa menggunakan alas kaki terbuka seperti sandal untuk lebih memberikan ruang terbuka pada kaki. Sehingga atau sel kuku yang rusak dapat dengan cepat kering.

Rendaman Air Garam

Garam terbukti memiliki fungsi mencegah tumbuh dan berkembangnya bakteri. Anda bisa merendam kaki anda dalam rendaman air garam hangat setiap hari untuk menghindarkan kuku kaki yang infeksi setelah rusak. Rendaman air garam ini juga terbukti mampu membantu mempercepat keringnya luka pada kuku kaki yang rusak sehingga dapat tumbuh kembali secara optimal.

Gunakan Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan nutrisi yang baik untuk kuku kaki.Penggunaan minyak zaitun untuk kuku kaki yang rusak dan bau dapat merangsang pertumbuhan kuku dengan lebih cepat. Dengan begitu, kuku yang rusak akan tergantikan dengan kuku baru yang sehat. Selain itu, anda bisa memakai minyak zaitun sebagai cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk perawatan pada kuku yang sehat sehingga tampilan kuku menjadi lebih mengkilap.

Gunakan Jeruk Nipis

Air jeruk nipis merupakan salah satu ramuan alami yang cukup efektif dalam merawat kuku kaki yang rusak Anda bisa merendam kaki Anda secara keseluruhan hingga mata kaki dengan air perasan jeruk nipis yang hangat selama 15 menit. Anda juga bisa menambahkan garam untuk hasil yang lebih maksimal. Manfaat perasan jeruk nipis akibat kandungan astrigen juga mampu menghilangkan warna kusam pada kuku setelah rusaknya kuku kaki terjadi.

Gunakan Bilimbing Wuluh

Jika anda tidak menyediakan cairan antiseptik di rumah, anda bisa menggunakan air yang terkandung dalam buah belimbing wuluh untuk membasuh kuku kaki yang rusak dan bau. Belimbing wuluh dapat dipakai untuk membunuh bakteri dan kuman pada kuku kaki. Kuku kaki yang dirawat dengan belimbing wuluh juga akan lebih kuat dan tidak mudah rapuh sehingga anda akan terhindar dari masalah kuku lainnya.

Biarkan kuku yang rusak tumbuh terganti dengan kuku baru

Sambil melakukan beberapa perawatan di atas, anda bisa menunggu kuku yang rusak dan bau tergantikan dengan kuku baru yang cantik. Jika kuku telah panjang, lakukan pemotongan namun jangan sampai memotongnya terlalu pendek karena dapat menyebabkan ujung jari kaki menjadi luka dan sakit. Selalu berhati-hatilah ketika memotong kuku agar tidak sampai terluka yang bisa mengakibatkan infeksi.

>Baca juga : cara mengobati kaki cantengan

Cara Mencegah Kuku Rusak

Jika anda telah berhasil menangani masalah kuku yang rusak, anda juga perlu mengetahui cara untuk mencegah agar kuku tidak kembali rusak. Anda pun bisa menerapkannya meski selama ini anda tidak memiliki masalah dengan kuku kaki agar tidak sampai terkena masalah di kemudian hari. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan:

  • Selalu menjaga kebersihan kaki dan sepatu yang digunakan dengan sering mencuci kaki hingga bersih menggunakan sabun
  • Usahakan untuk selalau memakai alas kaki meski di dalam rumah karena lantai tidak selalu seteril. Gunakan alas kaki yang memang khusus untuk di dalam rumah
  • Memotong kuku kaki dengan teratur
  • Jangan memakai cat kuku palsu atau memakai cat kuku terlalu lama

Itulah beberapa tips merawat kuku kaki yang rusa agar tumbuhnya kuku kaki yang baru dapat tetap optimal dan indah seperti sediakala. Anda harus memperhatikan pentingnya merawat kuku kaki agar hal ini tidak terulang kembali.

posted by : QnC Jelly Gamat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *