Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

By | 15/05/2017

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Penanganan luka bakar. Luka bakar adalah luka yang diakibatkan oleh panas yang bisa disebabkan oleh api, bahan kimia, atau listrik. Luka bakar ini biasanya akan menyebabkan melepuh ataupun luka yang lebih dalam. Baca > (obat penghilang luka bakar)

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Ada Beberapa Tingkat Luka Bakar dan Pertolongan Pertama yang dibutuhkan berikut ini:

Luka Bakar Derajat 1

Ini termasuk jenis luka bakar yang paling ringan dan bisa pulih seperti semula. Namun Anda tetap harus memperhatikan cara yang tepat agar bisa sembuh total. Luka bakar tingkat satu ditandai dengan bekas merah pada kulit dan sangat menyakitkan. Bagian luka akan mengembang atau membengkak tapi tidak terlalu parah. Ketika Anda menekan bagian kulit maka luka akan menjadi putih. Biasanya kulit bagian yang terkena luka bakar akan mengelupas pada hari ke satu atau ke dua. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan selama 3 hingga 7 hari.

Pertolongan Pertama:

  • Langsung siapkan air dingin yang bersih dan kemudian rendam luka bakar di air dingin selama 10 menit. Air dingin ini bisa mengurangi resiko pembengkakan ketika kulit yang lembut terkena suhu yang sangat panas.
  • Gunakan beberapa produk yang bisa membuat luka bakar menjadi dingin seperti gel lidah buaya atau krim khusus untuk luka bakar ringan.
  • Tutup luka bakar dengan perban yang bersih dan kering namun jangan terlalu kencang karena bisa menyebabkan luka bertambah parah.
  • Jika terasa sakit dan menyebabkan korban tidak bisa beristirahat maka berikan obat pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit dan mencegah pembengkakan.
  • Ini termasuk jenis luka bakar yang paling ringan dan bisa pulih seperti semula. Namun Anda tetap harus memperhatikan cara yang tepat agar bisa sembuh total. Luka bakar tingkat satu ditandai dengan bekas merah pada kulit dan sangat menyakitkan. Bagian luka akan mengembang atau membengkak tapi tidak terlalu parah.
  • Ketika Anda menekan bagian kulit maka luka akan menjadi putih. Biasanya kulit bagian yang terkena luka bakar akan mengelupas pada hari ke satu atau ke dua. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan selama 3 hingga 7 hari.

Luka Bakar Derajat 2

Luka bakar pada tingkat dua lebih parah daripada luka bakar tingkat satu. Luka bakar ini akan terasa lebih sakit dan biasanya menyebabkan bagian kulit menjadi terluka. Bagian kulit akan melepuh dan kulit sekitarnya terasa sangat sensitif. Bagian luka akan menjadi kemerahan, menjadi noda yang membekas pada kulit dan luka akan membengkak. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan sekitar 2 hingga 4 minggu.

Pertolongan Pertama:

  • Usahakan untuk segera menyiapkan air dingin yang bersih, kemudian rendam luka bakar selama 17 menit.
  • Perban bagian luka bakar seperti pada kulit yang mengelupas. Kemudian usahakan untuk memberikan perban yang tidak terlalu kuat agar luka tidak terlalu menjadi parah. Kemudian hindarkan luka dari infeksi yang bisa menyebabkan nanah.
  • Ganti perban setiap hari agar tidak menjadi infeksi.
  • Jika sudah terasa gatal maka luka bakar akan segera sembuh dan hindari untuk menggaruk luka dengan kuku karena bisa menyebabkan luka menjadi infeksi. (baca juga >Mmengobati luka bakar dan bekasnya)

Luka Bakar Derajat 3

Luka  bakar tingkat tiga termasuk dalam luka yang paling parah. Hal ini ditunjukkan dengan bagian luka yang bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa lapisan kulit. Kulit yang terkena luka bakar akan menjadi sangat putih dan bahkan hangus. Kerusakan akibat luka bakar ini bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat parah dan juga kerusakan syaraf dibawah kulit. Jaringan kulit yang sudah mengalami kerusakan mungkin akan membutuhkan operasi atau rekontruksi dari dokter ahli. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan akan lebih lama sesuai dengan tingkat perawatan yang dibutuhkan.

Pertolongan Pertama:

  • Pertolongan pertama pada luka bakar tingkat tiga memang tidak bisa dilakukan secara umum. Pencegahan hanya bisa dilakukan untuk mencegah luka agar tidak menjadi lebih parah.
  • Segera bantu korban untuk bisa dibawa kerumah sakit.
  • Hindari melepaskan pakaian atau benda apapun yang menempel pada bagian luka bakar.
  • Jangan menerapkan cara seperti pada bagian luka bakar tingkat satu atau tingkat dua. Jangan merendam luka bakar dalam air atau jangan memberikan krim atau salep apapun untuk bagian luka.
  • Jika luka bakar terlalu parah maka tempelkan kapas dingin yang basah.

Luka bakar terlepas ringan ataupun berat, merupakan luka yang berpotensi menyebabkan kerusakan jaringan secara luas pada kulit. Artinya, sebisa mungkin Anda perlu berhati-hati jika berurusan dengan hal-hal yang dapat jadi penyebab luka bakar.

posted by : QnC Jelly gamat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *